Bagian yang paling penting di dalam menjalankan bisnis adalah pemasaran. Pemasaran adalah sebuah proses, dari iklan yang akan membidik konsumen sesuai produk ataupun jasa yang ditawarkan lewat proses penjualan menyeluruh. Di sini termasuk pula tindak lanjut setelah pembelian. Dengan demikian manfaat pemasaran online juga berperan penting dalam berkembangnya sebuah bisnis.Bagi sebuah bisnis, sangat penting memahami bahwa marketing online telah menyediakan banyak manfaat dibandingkan pilihan pemasaran yang lebih tradisional lainnya. Cara pemasaran online telah terbukti memberikan banyak manfaat untuk para pebisnis. Seperti, membantu perusahaan dalam melakukan riset pasar sendiri. Akan tetapi, menggabungkan pemasaran online juga offline merupakan cara yang cukup baik. Namun manfaat pemasaran online bisa membantu Anda para pebisnis dalam menciptakan strategi pemasaran yang tepat. Atau bahkan bisa lebih sukses dari pemasaran offline.
9 Manfaat Pemasaran Online
1. Layanan Informasi
Pelanggan bisa mendapat setumpuk informasi komparatif mengenai produk, perusahaan, dan pesaing tanpa harus meninggalkan kantor mereka. Mereka bisa memusatkan perhatian kepada kriteria objektif seperti kualitas, kinerja, harga, dan ketersediaan.
2. Menelusuri hasil real-time
Anda kemungkinan dapat melacak hasil secara real-time dengan analisis secara online di pemasaran online. Ini untuk membuat penentuan tentang bagaimana kampanye pemasaran Anda dapat berkinerja. Banyak cara melacak upaya pemasaran tradisional, namun sebagian besar ketika itu tidak bisa dilakukan real-time. Ini bisa mempengaruhi keberhasilan ataupun kegagalan kampanye Anda.
3. Kemudahan
Para pelanggan bisa memesan produk 24 jam dimanapun mereka berada. Mereka tak perlu berkendara, berjalan melewati gang yang panjang, mencari tempat parkir untuk memeriksa dan mencari barang yang diinginkan. Mereka tak harus berkendara ke toko, hanya agar bisa menemukan barang yang dicari telah habis.
4. Terdapat Banyak pilihan Pada pemasaran online
Begitu banyaknya pilihan saat Anda memutuskan melakukan pemasaran online. Anda dapat menggunakan email, video, audio, blogging, media sosial juga newsletter yang sedang berlangsung. Bila Anda melakukan hal yang sama di pemasaran tradisional, Anda perlu memilih berbagai outlet media, namun tidak begitu ketika Anda datang di pemasaran online.
5. Tak Terbatas Ruang Waktu
Layanan internet ada untuk dapat diakses setiap saat. Sehinga para pelanggan bisa berkunjung ke situs yang Anda pakai dalam memasarkan produk kapanpun dan dimanapun. Selama mereka bisa untuk mendapatkan akses internet.
6. Lebih Fokus Dalam Pelayanan
Pelaku bisnis tak perlu merasa khawatir banyak pelanggan yang tak terlayani. Ini karena pada sistem komputer bisa menampung semua pesanan. Anda tinggal melayani para pelanggan yang hendak melakukan pembelian.
7. Mudahnya Memilih Target Pasar
Para pebisnis dapat menawarkan produk pada para komunitas tertentu dengan forum maupun sosial media. Bisa juga anda memasang iklan gratis atau berbayar dengan memakai kata kunci tertentu. Itu untuk membantu dalam memilih target pasar potensial.
8. Organisasi jauh Lebih Mudah dan Sederhana
Tidak perlu lagi untuk memajang produk dan barang secara fisik. Cukup menyediakan katalog dan daftar barang juga deskripsi singkat barang tersebut. Pebisnispun tidak butuh banyak karyawan penjual, Anda cuma perlu karyawan yang bertugas untuk menangani pemesanan online dan karyawan bidang pengiriman barang.
9. Menjalin Pemupukan hubungan
Bagi pemasar online bisa berbicara dengan pelanggan juga belajar lebih banyak dari mereka. Dapat juga meng-upload laporan yang berguna, ataupun demo gratis perangkat lunak mereka. Selain itu contoh gratis surat berkala mereka dalam sistem. Pelanggan selanjutnya dapat mendownload perangkat tersebut ke dalam kotak surat elektronik yang mereka punya.